Indonesia, kita pastinya bersyukur dan berbangga hidup dan tinggal di negeri yang kaya ini. Terletak di khatulistiwa dan berupa kumpulan pulau-pulau, menjadikan Indonesia kaya akan berbagai sumber daya. Dari sumber daya alam, sumber daya manusia hingga sumber daya etnik dan budaya. Salah satu dari kombinasi kekayaan sumber daya itu adalah adanya kerajinan atau craft. Keberagaman kekayaan alam, etnis, dan budaya yang ada di Indonesia melahirkan berbagai produk kerajinan yang unik dari masing-masing daerah. Jangankan satu Indonesia, satu propinsi saja, bisa beragam produk kerajinan dapat ditemukan. Sehingga pantaslah kita sebagai warga negara Indonesia merasa bangga dan mempunyai rasa cinta produk khas Indonesia.

Produk etnik yang sudah mendunia adalah batik, yang mempunyai berbagai motif dan warna khas dari setiap daerah. Batik bisa ditemui hampir dari semua pulau di Indonesia. Saat ini batik tidak saja dimanfaatkan sebagai pakaian, namun dengan kreativitas  para kreator telah menjelma dalam berbagai barang kebutuhan seperti tas, sepatu, sandal, sampai sampul buku dan kerajinan lainnya. 

Belum lagi berbagai produk dari bahan-bahan alami yang menghasilkan kerajinan unik, dari peralatan rumah tangga, asesories, hingga produk perawatan tubuh. Semua hasil kerajinan tersebut telah memberi peluang pasar produk etnik atau hasil kerajinan yang menjanjikan.

Beberapa tahun lalu, kita bisa menemukan produk-produk etnik di tempat-tempat wisata atau kota-kota lokal tempat kerajinan tersebut dibuat. Namun, di era pasar digital saat ini tidak sulit lagi untuk mencarinya. Dalam hitungan menit, kita dapat menemukan produk yang kita inginkan dengan ujung jari yang berselancar di layar smartphone atau android. Begitu praktis dan mudah mencari barang kerajinan atau craft kini, yang dulu harus dicari di tempat asalnya.

Salah satu penyedia pasar digital yang memungkinkan untuk menemukan produk etnik dari seluruh Indonesia adalah situs Qlapa.com. Pasar ini bisa diakses melalui web maupun dalam aplikasi yang dapat diunduh dan dipasang di android. Alangkah praktisnya pasar kerajinan kini.
Sebagai aplikasi dan web market, Qlapa dapat dikatakan sangat available. Berbagai kategori produk dapat dipilih untuk mencari barang yang diinginkan. Ada kategori produk Wanita, Pria, Anak, Rumah dan Dekorasi, Gadget dan Peralatan, Kuliner, Perawatan dan Kecantikan, serta kategori Perayaan dan Hadiah. Calon pembeli cukup mengarahkan kursor atau menyentuh salah satu kategori yang diinginkan, maka berbagai jenis produk akan siap dipilih.

Tampilan halaman utama Qlapa

Bagi saya sendiri, baper sekali kalau sudah melihat-lihat produk di Qlapa.com. Salah satu produk yang paling menarik adalah flatshoes yang modelnya modern ditunjang dengan bahan yang unik.



Beberapa produk yang membuat baper

Keunikan menjadi salah satu daya tarik produk di Qlapa.com

Qlapa sebagai pasar tentu saja bukan hanya memberikan layanan kepada pembeli, namun juga membuka kesempatan pengunjung menjadi penjual. Ketika seorang pengguna mendaftar untuk memiliki akun di Qlapa, maka ia memiliki hak untuk menjadi pembeli dan penjual. Salah satu poin penting bagi penjual dan pembeli adalah, produk yang ditawarkan di Qlapa benar-benar handmade asli Indonesia, dan selalu berupa produk baru (tidak ada produk second). Kemungkinan adanya penipuan juga sangat kecil karena pembayaran transaksi di Qlapa dilakukan melalui rekening bersama. Jadi, belanja maupun menjual di Qlapa menjamin produk yang berkualitas dan transaksi yang aman.

Beberapa kesempatan bagi penjual

Kelebihan lain situs Qlapa.com adalah adanya fitur-fitur selain penawaran dan transaksi. Fitur Blog memberikan berbagai informasi misalnya cerita tentang penjual/pengrajin dalam Crafter Story. Menceritakan kisah sukses crafter dari berbagi daerah yang dapat menjadi inspirasi usaha bagi pembaca. Fitur Berita memberitakan berbagai hal yang berkaitan dengan produk maupun aplikasi atau situs Qlapa. Salah satunya adalah kompetisi blog yang saat ini saya ikuti. Ini merupakan salah satu apresiasi bagi pengguna menurut saya.


Fitur-fitur di Qlapa

Artikel yang memperkaya Qlapa

Qlapa.com dilengkapi dengan Tips bagi penjual maupun pembeli, yang tentu saja akan memudahkan mereka dalam bertransaksi. Ulasan setiap produk diberikan secara detail, untuk melengkapi layanan kepada calon pembeli. Bahkan, pengguna Qlapa juga dapat belajar sendiri membuat craft dari berbagai artikel yang ditulis lengkap mulai bahan, hingga langkah-langkah pembuatan. Menyenangkan sekali, bukan?

Dari berbagai fitur yang tersedia,  Qlapa.com bukan saja lengkap sebagai penyedia market digital yang berkualitas dan aman, namun juga memperkaya pengguna dengan informasi yang terkait dengan craft serta memberikan inspirasi bagi crafter atau calon crafter dalam merilis maupun mengembangkan usahanya. Usia yang telah mencapai dua tahun memberi bukti keandalan market ini sebagai tempat jual beli. Jadi, tunggu apalagi? Bergabunglah dengan Qlapa.com sekarang untuk menemukan craft terbaik dengan harga terjangkau dari seluruh Indonesia atau membuka toko kerajinan Anda. Dengan berbelanja atau menjadi penjual di Qlapa.com Anda telah mencintai produk dan menghidupkan industri kerajinan dalam negeri. 

#CintaProdukLokal


22 comments:

  1. Wahh menarik banget belanja kerajinan khas Indonesia di Qlapa ya😍

    ReplyDelete
  2. Mbak Desi sudah setor tantangan....:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah .... nemu ini yang paling memungkinkan. Mbak Elin gimana?

      Delete
  3. Ayo cari kerajinan kesukaan anda di Qlapa.com, keren mbk.

    ReplyDelete
  4. Lebih gampang ya sekarang gak harus muter2 pasar 🙊

    ReplyDelete
  5. Qlapa menjawab kebutuhan akan produk2 kreatif. Mantap.

    ReplyDelete
  6. Wah.. Sekarang mah apa aja ada di online ya 😍

    ReplyDelete
  7. Saya juga lebih suka produk asli Indonesia. Kualitas produk Bandung tak kalah dibanding buatan luar negeri :)

    ReplyDelete
  8. Satu sisi calon pembeli bisa mudah mencari produk yg diinginkn lwt aplikasi Qlapa ini,dsisi lain crafter yg br merintis dpt mengenalkn produknya jg...keren lah #Ayo cintai produk lokal...

    ReplyDelete
  9. Cocok untuk yang suka barang unik dan etnik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terutama yang jauh dari pusat kerajinan

      Delete
  10. Bahas otomotif donk bu Guru....hehehe

    ReplyDelete
  11. Qlapa bisa jd contoh daerah2 lain utk memperkenalkn kerajinan / craft asli budaya lokal...maju terus Qlapa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari semua daerah bisa gabung menjadi penjual maupun pembeli di Qlapa.com.
      Mksh Bun udah mampir dan komen 😘

      Delete

 
Diary Guru © 2016 | Contact Us +6281567814148 | Order Template di Sangpengajar
Top