Judul Buku    : Orangtuanya Manusia
Penulis           : Munif Chatib
Penerbit         : Kaifa
Tahun Terbit : 2012
Jumlah Halaman : 212

Penulis menyebut “Orangtuanya Manusia” sebagai sekolahnya orangtua untuk mengetahui sosok anak-anak sejatinya. Penulis berharap “Orangtuanya Manusia” menjadi buku panduan bagi orangtua dalam mendidik anak dengan paradigma yang lain dari apa yang selama ini banyak dilakukan.

Buku ini terdiri dari sepuluh bab. Bab pertama, penulis mengajak orangtua mengembalikan pemahaman tentang sosok sejati anak yang memiliki fitrah illahiah suci. Di dalamnya dibahas juga perkembangan otak dan golden age.

Bab kedua, mengulas ketakutan menjadi orangtua. Di dalamnya diberikan pula tips merawat pernikahan, dan dasar-dasar pendidikan anak.
Bab ketiga, penulis mengajak orangtua memandang anak sebagai bintang, masterpiece, karya agung Allah SWT. Penulis memberi contoh nyata bagaimana ia menempatkan anaknya sebagai bintang, dan kisah nyata orangtua menemukan bintang pada anaknya yang mengalami cerebral palsy.

Pada bab keempat, orangtua diajak untuk memandang kemampuan anak yang seluas samudra. Pembaca diperkenalkan dengan downshiftting dan cognitive shutdown atau mati berpikir.

Bab kelima mengulas tentang harta karun yang dimiliki setiap anak yaitu multiple intelligences. Ada beberapa kisah anak dengan beragam kecerdasan masing-masing.

Pada bab keenam penulis mengajak orangtua menjadi penyelam yang tak henti menjelajahi kemampuan anak atau discovering ability meski hanya sekecil debu, dilengkapi pula dengan tips melakukannya.

Bab ketujuh memberi pemahaman bagaimana menempatkan bakat dan minat anak secara adil. Bab kedelapan memberikan tips untuk orangtua dalam memilih sekolah. Bab kesembilan membahas pemahaman belajar, gaya belajar, dan membantu anak belajar di rumah. Bab kesepuluh, berisi pendidikan seks dan media kepada anak.

Sebagai karya ketiga dari trilogi bukunya, Sekolahnya Manusia dan Gurunya Manusia, penulis konsisten memberikan paradigma baru tentang pendidikan anak sejak karya pertamanya. Pembaca terutama orangtua diajak untuk membuka mata dan hati lebih luas dalam mendidik anaknya. Melalui kisah-kisah nyata yang disampaikan, pembaca menjadi lebih mudah menangkap pesan yang disampaikan. Beberapa bab juga dilengkapi dengan berbagai teori para ahli pendidikan maupun psikologi, menambah pengetahuan orangtua dalam mendidik anaknya. Bahasa tuturnya juga cukup mudah dipahami dan nyaman dibaca. Beberapa hal itu merupakan kelebihan buku ini. Sementara kelemahannya, saya merasa sulit untuk menemukannya.

Secara keseluruhan, buku ini sangat menginspirasi dan memberi informasi penting tentang perkembangan anak dan cara mendidiknya. Sehingga sangat direkomendasikan untuk dibaca oleh para orangtua utamanya, dan cukup pantas menjadi buku panduan mendidik anak seperti harapan penulisnya. 

#tantanganresensibuku
#onedayonepost
#kelasnonfiksi
#odopbatch5

1 comments:

 
Diary Guru © 2016 | Contact Us +6281567814148 | Order Template di Sangpengajar
Top