Kota Ternate adalah sebuah pulau kecil di wilayah propinsi Maluku Utara yang termasuk dalam kawasan timur Indonesia. Sebelumnya Ternate adalah ibukota propinsi, hingga dipindahkan ke Sofifi yang berlokasi di pulau Halmahera. Hingga saat ini kota Ternate lebih dikenal daripada Sofifi yang masih membangun infrastrukturnya.

Sebagai ibukota pertama propinsi Malut, Ternate sudah berkembang pesat dibandingkan kota atau kabupaten lainnya. Ditambah lagi kota ini merupakan salah satu pusat kerajaan/kesultanan yang dahulunya juga diduduki oleh bangsa Portugis.
Jejak sejarah tersebut, masih tampak hingga kini di Ternate dengan dikenalnya kota ini sebagai kota seribu benteng. Meski jumlahnya tentu saja tidak sampai seribu, tetapi melihat luas wilayah yang hanya berupa pulau kecil, namun memiliki benteng peninggalan Portugis yang cukup banyak, maka menjadi  pantas julukan tersebut diberikan. 
Hingga saat ini ada 3 benteng besar yang masih terjaga dengan baik dan dijadikan sebagai cagar budaya, yaitu Benteng Oranje, Benteng Tolukko, dan Benteng Kalamata, selain benteng lain yang lebih kecil. Benteng Oranje adalah yang terbesar dan berlokasi di tengah kota. Sementara benteng Tolukko berada di tebing yang cukup tinggi tepat di tepi pantai, lokasinya di sebelah utara. Sedangkan benteng Kalamata terletak di sebelah selatan dan di pantai yang landai. Dari sisi lokasi yang berbeda-beda juga memberikan kesan unik pada masing-masingnya.

Adanya kesultanan yang merupakan kerajaan Islam, juga memberi jejak hingga kini dengan besarnya semangat masyarakat Ternate membangun masjid-masjid yang hampir ada di setiap RW. Masjid satu dengan lainnya rata-rata jaraknya kurang dari 1 km. Sehingga pantaslah jika kota ini bukan saja dijuluki kota seribu benteng, namun lebih tepat lagi kota seribu masjid.
Selain jumlahnya yang cukup banyak, benteng dan masjid-masjid di Ternate juga menjadi menarik untuk diperhatikan, karena karakter masyarakatnya yang menyukai keindahan. Sehingga benteng yang biasanya memberi kesan ‘bangunan tua yang penuh misteri’, di sini juga memberi kesan indah.
Berikut ini fakta keindahan benteng dan beberapa masjid cantik di Ternate.





Cantik-cantik, bukan? Nah, jika Anda berkunjung ke Ternate, sempatkan pula mengunjungi benteng-benteng indah yang ada serta masjid-masjid cantik di atas, ya…!!

4 comments:

  1. Muantabbbb, tempat wisatanya yang menarik dong bu...

    ReplyDelete
  2. trims komennya...salam kenal.
    oke....saran diterima

    ReplyDelete
  3. Mbak Desi masjidnya megah-megah semua, pemandanganya juga indah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuull mba Elin. Istimewa sekali tempat ini

      Delete

 
Diary Guru © 2016 | Contact Us +6281567814148 | Order Template di Sangpengajar
Top