Ada pepatah "Bisa karena biasa", namun kali ini saya lebih suka mengatakan "bisa karena membiasakan."  Pada kata "membiasakan" terkesan ada usaha yang disengaja untuk menjadikan sesuatu menjadi kebiasaan. 


Sejak bergabung dengan komunitas ODOP, saya seperti dipaksa untuk membiasakan diri menulis setiap hari. Selama ini tak pernah menulis di blog dalam waktu yang berdekatan apalagi setiap hari, sehingga ada rasa dipaksa saat harus menulis setiap hari dalam program ODOP.

Selama hampir tiga bulan ngodop, saya merasakan ada perkembangan dalam kemampuan menulis. Tidak berarti kualitas tulisannya yang sudah bagus, namun merasa lebih mudah menyusun kalimat dengan spontan.
Pengalaman itu saya rasakan kemarin, saat presentasi perangkat pembelajaran dalam sebuah workshop. Ketika kalimat indikator pencapaian kompetensi dikritisi oleh instruktur, dengan segera bisa menyusun kembali setelah mendapatkan saran kata kerjanya. 

Saat itu saya merasa bisa merangkai kata lebih cepat dan mudah. Instruktur juga segera menyetujui kalimat indikator yang tersusun. Dari situ jadi teringat, entah berapa kali selama tiga bulan bergabung, sempat berpikir untuk mengundurkan diri. Namun, bersyukur setiap kali itu pula rasa sayang untuk pergi selalu hadir saat membuka postingan di blog. Jumlah postingan yang bertambah signifikan, menahan diri untuk mundur. 

Akhirnya, saya menemukan manfaat lain bergabung, yaitu bisa karena membiasakan. ODOP telah membiasakan diri untuk menulis sehingga menjadi lebih mudah merangkai kata dan lebih cepat. Berharap bukan lebih mudah dan cepat saja, tapi kualitas tulisan juga bisa meningkat. Sayangnya untuk mengetahui hal itu tidak bisa hanya dirasakan, namun perlu pembuktian dengan karya misalnya. 

Sebagai guru, menulis dan menghasilkan karya tulis adalah sebuah hal yang pasti. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) adalah salah satu program yang harus direalisasikan oleh guru. Bentuknya berupa keikutsertaan dalam kegiatan pengembangan diri seperti diklat atau pelatihan, serta hasil karya yang selalu disertai dengan penulisan laporan. Maka kemampuan menulis bagi seorang guru zaman ini adalah ketrampilan penting yang harus dikuasai. 

ODOP yang membiasakan anggota untuk menulis menjadi cukup signifikan bagi mereka yang ingin menumbuhkan dan meningkatkan kebisaan menulis. Di penghujung kelas lanjutan, saya menyadari ODOP membuat "bisa karena membiasakan". Maka program ini sangat pantas untuk direkomendasikan bagi guru zaman kini yang mutlak harus bisa menulis.

#onedayonepost
#kelasnonfiksi
#odopbatch5

0 comments:

Post a Comment

 
Diary Guru © 2016 | Contact Us +6281567814148 | Order Template di Sangpengajar
Top