GSMS singkatan dari Gerakan Seniman Masuk Sekolah adalah program dari Kementrian Pendidikan yang diadakan untuk menyeimbangkan aspek sosial dan emosional siswa, selain aspek kognitif, afektif dan psikomotor yang dikembangkan melalui kegiatan akademis. Program ini juga diharapkan mampu menumbuhkan sikap mengapresiasi karya seni pada siswa dalam kehidupan bermasyarakat. Selain itu, GSMS menjadi alternatif untuk memenuhi kekurangan guru seni budaya di sekolah.

GSMS menggandeng praktisi seni dalam masyarakat baik seni pertunjukan (meliputi seni musik, tari, dan teater), seni rupa, seni media serta seni sastra. Program ini dilaksanakan sebagai kegiatan ekstrakurikuler yaitu di luar jam pelajaran. Seniman yang terlibat adalah seniman setempat yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh kementrian. Sebanyak 78 seniman diikutsertakan dalam program ini, termasuk artis Inne Febrianti, Sundari Sukoco, dan Gilang Ramadhan.

SMAN 4 Kota Ternate menjadi salah satu dari 1.320 sekolah dari 26 propinsi yang mendapatkan program ini. Secara nasional, sebanyak 26.400 siswa ikut terlibat.
GSMS di SMAN 4 Kota Ternate berupa pembelajaran seni musik dengan bimbingan musisi Maluku Utara, Hasan Ali. Diikuti oleh sekitar 20 siswa kelas X dan XI dari jurusan IPA dan IPS, pembelajaran dilakukan selama 4 bulan dalam 27 kali pertemuan. Mereka berlatih hingga malam hari untuk menguasai beberapa lagu dengan iringan berbagai alat musik. Perpaduan alat musik modern dan tradisional, dengan dua orang vokalis utama dan seorang konduktor.

Beberapa waktu lalu grup musik hasil GSMS menunjukkan hasil belajarnya di hadapan para guru, wali murid dan komite sekolah. Terharu juga menyaksikan hasil belajar mereka. Ternyata kalau berlatih, ada seniman-seniman muda di sekolah.
Berikut ini salah satu persembahan mereka.


Menurut saya program ini sangat bagus sebagai wahana siswa menyalurkan bakat dan minatnya. Semoga Kemdikbud melanjutkan dan memperluas kesempatan bagi semua sekolah melaksanakan program GSMS.

#onedayonepost
#ODOPbatch5

0 comments:

Post a Comment

 
Diary Guru © 2016 | Contact Us +6281567814148 | Order Template di Sangpengajar
Top