Hari Jum'at, karena pulang awal, saya suka mengajak suami melewati jalur lao supaya bisa melewati pasar. Pasar tradisional yang sudah tampil jauh lebih modern.
Pasar Modern di Ternate

Namun, alih-alih belanja sayur mayur, saya cuma mampir di bagian depan saja. Tujuan utamanya hanya untuk menemukan salah satu kesukaan saya, pepare isi. Dengan Rp.10.000,00 saya mendapat tiga potong pepare isi.

Pepare isi goreng tepung

Pepare adalah sebutan untuk pare atau paria di Ternate. Jenis sayuran berupa buah ini termasuk banyak tersedia dan dikonsumsi masyarakat Ternate selain terong ungu.
Selain dibuat sayur tumis atau santan, ada sajian yang khas menurut saya yaitu pepare isi. Menu ini pun ada dua jenis lagi, pepare isi masak santan, dan goreng tepung. Kalau saya, lebih suka yang ke-2. 

Pare yang dimasak dengan cara dikukus bersama isi, tidak saja ditemui di Ternate. Kalau di Bandung, siomay dilengkapi pare isi adonan bakso ikan. Ada juga di Jawa Tengah, pare yang menyerupai buntil, berisi kelapa mengkal dengan ebi atau teri. Nah, kalo pepare isi, khas produk daerah penghasil ikan, berisi daging ikan yang dicincang. Tanpa tambahan bahan lain seperti kelapa atau tepung, hanya bumbu saja. Rasa pare yang ada pahit-pahitnya bercampur daging ikan dengan bumbu yang pas, membuat saya sering kangen untuk menyantapnya. 

Kalau pengamatan saya, daging ikan yang sering dipakai adalah tuna atau cakalang. Sepertinya bukan ikan segar tetapi ikan fufu atau ikan yang telah diasap sehingga memberi aroma eksotis tersendiri. 

Pare sendiri dikatakan merupakan sayuran yang kaya manfaat, diantaranya mengobati penyakit malaria, penyakit kuning, mencegah penyakit jantung bahkan kanker. Pare juga mengandung karbohidrat, lemak, protein dan vitamin serta beberapa mineral. Jadi asik sekali mengonsumsi pare, dan pare kukus mestinya lebih baik.



#onedayonepost
#ODOPbatch5

10 comments:

  1. Bunda sama dedek harmonis banget ya ;)
    Jadi maksudnya, ini tuh tahu isi sayur pare atau pare yang dibuat gorengan trus dikasih isi mbak?
    Makasih mbak, baru tau ada menu begini, boleh dicoba nih ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan tahu isi lah ... kan gak pale tahu 😊
      Pare kukus isi ikan, terus digoreng tepung gitu deh

      Delete
  2. Mba aku mau pepare, aku doyan gorengan makanya melarr hehhe

    ReplyDelete
  3. Ih unik makanannya makasih bu guru untuk sharingnya,💓

    ReplyDelete

 
Diary Guru © 2016 | Contact Us +6281567814148 | Order Template di Sangpengajar
Top