Ini cerita untuk para bunda atau calon bunda. Tapi kalau ada ayah atau calon ayah mau membaca, tidak tabu kok. Hiii  ....

Gambar dari bukalapak.com

Ceritanya, pagi itu saya menumis buncis. Cukup ditumis saja, biar cepat dan segera mau beraktivitas. Sudah disiapkan semua bumbu lengkap, sampai ebi dan lengkuas. Maka langsung masukkan bumbu pada sedikit minyak yang telah panas. Saya menemukan sedikit potongan warna hitam, saya kira itu dari lengkuas, dan berhasil diambil dan buang. Selanjutnya masuk buncisnya, hmmm ... aroma harum sudah mulai menggoda hidung mancung saya. 😁
Tetapi, beberapa menit kemudian, saat melakukan sreng-sreng supaya masak merata dan bumbu meresap rata, mulai tampak hitam-hitam pada seluruh bagian sayur buncis. Saya jadi serius bertanya-tanya, kok bisa sih muncul hitam-hitam ini? Lihat ke atas, tidak ada kemungkinan sesuatu terjatuh dan mengotori sayur saya. 
Cukup lama membolak-balik sayur sambil berpikir, ternyata semakin banyak saja warna hitamnya. Seperti serpihan kecil-kecil. Saya mulai gusar, tidak mungkin sayur ini dihidangkan untuk orang-orang tersayang. Kecewa, marah, campur aduk tapi tidak tahu pada siapa.

Beberapa saat, hanya bisa membolak-balik saja dan menjadikan sayur yang aromanya harum itu sebagai mainan. Ingat jaman SD, suka mainan sayur-sayuran dengan api dari tungku batu, berbahan bakar kayu. 
Lemas badan, tak mungkin lagi dimakan.

Tapi, tiba-tiba saya tersadar. Oh, saya menemukan jawabannya. Meski tak mungkin lagi dimakan, saya merasa tak lemas lagi karena sudah tahu penyebabnya. Ternyata wajan yang dipakai memasak, meski sudah dicuci bersih, masih ada jejak kerak setelah membuat serundeng kemarin. 

Merasa sedikit rugi harus membuang tumis buncis yang harum, tapi saya mendapat gantinya. Menemukan tips untuk menghilangkan sisa kerak di wajan. Memang, "kecelakaan" atau kegagalan kadang memberikan hasil sampingan.

Ya, jika wajan terpaksa berkerak, meski sudah dicuci bersih, bisa jadi masih ada sisa kerak yang tak tampak. Untuk membersihkannya, cukup panaskan minyak, dan tumislah sisa-sisa sayuran yang tak terpakai lagi. Kemudian lakukan sreng-sreng supaya kerak terlepas dan menempel pada sayuran. Oh ya, jangan lupa pakailah spatula yang berbahan stainless. 

Begitu tips sederhana dari saya Bunda, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Cheers .... 😁

#onedayonepost
#ODOPbatch5

10 comments:

  1. Tips yang bermanfaat bu guru.
    Amat disayangkan sayurnya jadi terbuang ya, tapi walau terbuang Ia justru bermanfaat membersihkan, keren ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. =)) sebetulnya mah sedih ... harus nyayur ulang

      Delete
  2. Aduh... sedih bgt hrs nyayur ulang 😥

    Makasih tipsnya mbak 😁

    ReplyDelete
  3. Saya suka sayur~ :3
    Coba kalau dekat, bisa dikirim buat saya 😆

    ReplyDelete
  4. Wah, tipsnya sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete

 
Diary Guru © 2016 | Contact Us +6281567814148 | Order Template di Sangpengajar
Top