Tantangan dalam KBBI versi online, bisa diartikan sebagai hal atau objek yang menggugah tekad untuk meningkatkan kemampuan mengatasi masalah. Nah, sebagai guru, aku sering memotivasi siswa begini: kalau kamu menghadapi sesuatu yang terasa sulit, jangan cepat menyerah, tapi justru jadikan itu tantangan untuk dirimu, apakah bisa mengatasi atau tidak. Heheee…. Ternyata memotivasi orang lain memang mudah ya…. Sekarang aku harus melakukan sendiri apa yang sering aku sampaikan kepada siswa.

Ya, tantangan menulis dan posting di blog setiap hari, awalnya memang memacu adrenalin untuk bisa melewati program ODOP ini. Ternyata, di hari ke-2, sudah mulai terasa hambatannya. Bukan tantangan namanya kalo tidak ada kesulitan atau hambatan dalam menyelesaikannya, ya… Hari pertama kemarin, aku hanya masuk kelas selama 4 jam pelajaran. Tapi, hari ini aku masuk 4 kelas alias 8 jam pelajaran. Jadi, ternyata tidak mudah mencuri waktu menulis untuk memenuhi program ODOP.

Pulang sekolah, badan udah capek dan pikiran juga sudah selusuh pakaian seragam yang seharian nempel di badan. Maka untuk membuka papan ketik di notebook saja rasanya sudah seperti angkat beras sekarung. Tapi… inilah indahnya tantangan, ada yang perlu dikalahkan. Mata yang terasa tebal pun diganjal dengan acara kuis di televisi. Perlu kreativitas dan seni mengatasi masalah atau hambatan yang menyertai suatu tantangan. Yeaah….

Enggak mau dong….jadi munafikun. Sehari-hari maunya sok memotivasi siswa di kelas, tapi kenyataannya enggak bisa mempraktekkannya sendiri. Jadi ingat status-status orang di FB, juga statusku sendiri. Maunya selalu pasang status yang ada nilai motivasi atau inspirasi, meski kadang belum selalu bisa melakukannya sendiri. Aku sih masih berpikir, mungkin sedang memotivasi diri sendiri. Tapi, akhir-akhir ini aku sering merasa gimana… kalau lihat status maupun foto profil orang di media sosial selalu memakai cadar, tapi kenyataannya sehari-hari dia tidak memakainya. Mungkin aku saja yang baper kali ya…. Eh, jadi ngelantur….


Ternyata, ada pengaruhnya juga ya…kalo kita suka memotivasi orang lain. Menjadi motivasi juga untuk diri sendiri, karena itu tadi, enggak mau lah jadi kelompok munafik. Setidaknya kita malu kalau kita tidak mencoba apa yang kita sampaikan kepada orang lain.
Jadi, jangan takut memotivasi orang lain ya…. Karena sebenarnya kita sedang memotivasi diri sendiri.

#onedayonepost
#ODOPbatch5
#seconddayofodop

4 comments:

  1. Memberikan energi positif pada orang lain memang akan memberikan suntikan energi yang sama pada kita, semangat bu dan terus tularkan semangat ibu lewat tulisan jg, biar kita jg semangat.

    ReplyDelete
  2. Yupzt.. ngasih semangat keorang lain aja bisa,, masak ngasih semangat kediri sendiri gak bisa..

    ReplyDelete

 
Diary Guru © 2016 | Contact Us +6281567814148 | Order Template di Sangpengajar
Top