Saat ini ketika harus membelajarkan siswa tentang trigonometri, saya berharap mereka memahami betul apa yang dimaksud sin, cos, dan tan. Salah satunya dengan mengajak siswa menerapkan perbandingan trigonometri di lingkungan sekolah. Berharap dengan begitu, siwa memiliki kesan mendalam tentang trigonometri dan menambah minat dan motivasi dalam belajar.
Pembelajaran trigonometri yang dilakukan di lapangan bertujuan menerapkan konsep trigonometri untuk menghitung tinggi benda tanpa harus mengukurnya secara langsung. Misalnya tiang bendera, tentu tidak bisa mengukur tinggi tiang bendera yang berdiri menjulang, maka digunakan penghitungan dengan trigonometri.
Siswa bekerja bersama kelompoknya, mulai dari mempersiapkan dan menyusun alat ukur sudut sederhana /klinometer sederhana, mengukur sudut elevasi, mengukur jarak pengamatan dengan obyek/benda, hingga membuat sketsa dan menghitung tinggi obyek yang diamati.
Alat yang dipersiapkan antara lain:
- penggaris
- busur derajat
- tali
- bandulan
- meteran
Berikut ini keseruan aktivitas siswa belajar trigonometri di lapangan.
Kelas X IPA 1 mengukur sudut elevasi terhadap tiang bendera
Kelas X IPA 2 mengukur sudut elevasi terhadap tiang bendera
Kelas X IPA 4 mengukur sudut elevasi terhadap papan basket
Kelas X IPA 4 mengukur jarak pengamat dengan obyek/tiang bendera
Sketsa yang disusun Kelas X IPA 5
Hasil perhitungan tinggi papan basket oleh kelas X IPA 4
Sebagai tips belajar matematika, pahamilah konsep dengan baik, ulang-ulangi, dan berlatihlah dengan soal-soal. Jangan ragu untuk bertanya kepada guru, teman atau siapa saja yang dapat membantu jika mengalami kesulitan dalam memahami konsep maupun latihan soal. Jika hal itu dilakukan, maka rasa sulit belajar matematika tidak akan ditemukan, justeru matematika itu asik dan seru. Ayo buktikan !!!
0 comments:
Post a Comment