Beberapa tahun yang lalu ke belakang, tidak dapat dipungkiri, para guru terutama di daerah-daerah yang jauh dari kota besar, banyak mengalami kendala dalam usaha meningkatkan kompetensi diri dan profesionalitasnya. Salah satu faktor penyebabnya adalah minimnya kesempatan bagi guru-guru untuk dapat mengikuti kegiatan diklat yang memberinya pengetahuan dan ketrampilan baru yang mendukung profesinya. Kalaupun ada kegiatan MGMP lokal, kebanyakan masih terbatas kegiatan dan materi pembelajarannya. 
Sekitar empat atau lima tahun terakhir, mulailah era pelatihan online atau e-training, yang menjadi alternatif peningkatan kompetensi guru-guru, khususnya mereka yang jauh dari pusat pemerintahan sehingga sulit menjangkau pelatihan offline/tatap muka. Melalui etraining, semua guru mempunyai kesempatan untuk mengupgrade kompetensinya, tidak dibatasi kuotanya seperti pelatihan yang berbasis tatap muka dan undangan yang biasanya dibatasi untuk alasan efektivitas.
Pelatihan online yang pertama kali saya kenal adalah pelatihan dari PPPPTK Matematika, tentunya pelatihan yang dikhususkan untuk guru-guru matematika. Selanjutnya, saya berkesempatan mengikuti etraining yang diselenggarakan oleh Seamolec, sebuah lembaga pelatihan terbuka yang merupakan bagian dari SEAMEO (Southeast Asian Ministers of Education Organization). 
Seamolec menyelenggarakan berbagai kegiatan pelatihan khususnya untuk guru-guru yang terbuka bagi seluruh guru di Indonesia bahkan di negara-negara Asean. Sehingga para guru mempunyai kesempatan untuk meningkatkan kompetensi dirinya, dan membantu guru memenuhi angka kredit yang akan dinilai dalam SKP. 
Berbagai pelatihan yang telah diselenggarakan antara lain: pengelolaan kelas digital, pembuatan buku digital, pembuatan media pembelajaran berbasis animasi, dan masih banyak yang lainnya. Untuk mengetahui berbagai jenis pelatihan, Anda dapat mengunjungi laman ini
Sistem pelatihan online di Seamolec menggunakan beberapa media yaitu melalui kelas online sebagai sarana menyampaikan materi kepada peserta diklat, melalui aplikasi chat Whatsapp sebagai sarana penyampaian informasi pelatihan dan sarana konsultasi atau saling berbagi antara mentor dan peserta diklat, dan video konferensi yang dilakukan melalui aplikasi Cisco Webex serta melalui sarana fanpage di Facebook yaitu Fp Seamolec
Umumnya pelatihan berlangsung selama + 2 minggu dan jam pelatihan sebanyak 32 jam. 
Berikut ini contoh hasil pelatihan dari Seamolec yang saya ikuti. Kalau saya bisa, Anda juga pasti lebih bisa.

Video animasi hasil pelatihan Whiteboard Animation:



Buku digital yang dapat dibaca di android maupun di laptop/pc:












Materi pelatihan dalam diklat Buku Digital:




















Jika Anda berminat mengetahui atau mendaftarkan diri dalam pelatihan Seamolec, kunjungilah halaman EtrainingSeamolec.

SEMOGA BERMANFAAT!!!

0 comments:

Post a Comment

 
Diary Guru © 2016 | Contact Us +6281567814148 | Order Template di Sangpengajar
Top