Classmeeting adalah kegiatan perlombaan antar kelas yang biasanya diadakan pada jeda waktu antara selesai ulangan semester dengan penerimaan laporan hasil belajar. Pada event ini biasanya dilaksanakan berbagai bidang lomba seperti olahraga, akademik, seni dan budaya. Jika dikemas dengan baik classmeeting akan menjadi event yang dinanti-nanti oleh warga sekolah karena saat itu setiap siswa dapat menampilkan bakatnya. Untuk itu sebaiknya classmeeting direncanakan dengan sungguh-sungguh sebagai ajang penyaluran bakat siswa yang beragam.

Di sekolah saya, SMK N 5 Kota Ternate, classmeeting lebih dikenal dengan sebutan ekskul, singkatan dari ekstra kurikuler, dan begitu pula di sekolah-sekolah lain di kota Ternate. Ekskul di sini dilaksanakan oleh OSIS sebagai panitia, tentunya atas bimbingan guru-guru pembinanya. Tentu saja berbagai ajang lomba digelar seperti bola voly, tarik tambang, pidato bahasa Inggris, menulis artikel, rangking satu, dan dance.

Salah satu lomba yang menarik adalah lomba dance antar kelas yang diikuti oleh grup setiap kelasnya. Menarik karena tarian yang dilombakan adalah tarian daerah. Hal ini bisa dijadikan sebagai wahana literasi budaya yang saat ini diserukan oleh pemerintah untuk dikembangkan. 

Pada ajang ini siswa tidak saja dituntut untuk tahu tentang budaya setempat, tapi juga diberikan ruang untuk berkreasi dan berkreativitas. Kreativitas mereka dapat berujud pada penampilan, atau kreasi gerakan-gerakan tarian. 
berikut ini video contoh kreasi siswa pada tarian daerah Maluku Utara yaitu tari Lalayon. 



0 comments:

Post a Comment

 
Diary Guru © 2016 | Contact Us +6281567814148 | Order Template di Sangpengajar
Top