Rumah Belajar dari Kemdikbud merupakan sebuah website yang menyediakan konten-konten berupa sumber belajar dan informasi kepada aktivis edukasi baik guru, siswa, orangtua, hingga masyarakat. Website ini memang dihadirkan sebagai sarana penyedia kebutuhan pendidikan terutama untuk memenuhi kebutuhan pendidikan abad 21 dan era industri 4.0 yang serba digital dan menuntut kompetensi dan ketrampilan milenial. 

Konten dalam Rumah Belajar dapat diakses secara luas oleh berbagai komponen tanpa dibatasi. Konten tersebut dapat dibuat oleh guru atau masyarakat dan dapat diunduh pula oleh semua kalangan masyarakat secara luas. 

Berikut ini adalah review dari dua konten dalam Rumah Belajar yaitu konten pada fitur Laboratorium Maya yang berjudul "Transformasi Geometri" dan konten video dalam fitur Sumber Belajar yang berjudul "Ukuran Sudut dalam Radians".

1. Transformasi Geometri 

Konten transformasi geometri pada laboratorium Maya merupakan konten aplikasi yang yang berisi materi tentang transformasi geometri yaitu materi pembelajaran di kelas 11 semester 1.  Aplikasi ini dibuat oleh Super Admin yang diunggah pada laboratorium Maya. 
 Aplikasi ini memberikan gambaran nyata tentang transformasi dari objek yang dapat dipilih oleh pengguna yaitu bisa berupa garis, segitiga, atau segiempat.
 Jenis transformasi juga dapat dipilih oleh pengguna yaitu dapat berupa translasi refleksi, rotasi, atau dilatasi.
 Menurut saya, kelebihan dari aplikasi ini adalah dapat memberi gambaran nyata kepada siswa bagaimana transformasi terhadap suatu objek dan hasilnya.  Di dalamnya juga terdapat animasi tiap langkah dari transformasi yang dipilih. Sehingga siswa dapat melihat dengan jelas proses transformasi geometri.
 Selain kelebihan tersebut menurut saya ada kekurangan dari aplikasi ini yaitu keterbatasan objek transformasi yang yang hanya terdiri dari tiga bentuk yaitu garis, segitiga, dan segi empat saja. Untuk objek yang lain, seperti. Misalnya siswa tidak dapat menggunakannya. Selain itu pada transformasi rotasi siswa baru dapat menggunakan transformasi rotasi dengan pusat 0,0 atau pusat koordinat. Untuk pusat rotasi yang lain siswa belum dapat menggunakannya.

2. Ukuran Sudut dalam Radians

Konten video pembelajaran yang berjudul ukuran sudut dalam radian diunggah oleh Gatot Pramono pada fitur sumber belajar Rumah Belajar Kemdikbud. Video ini menjelaskan tentang ukuran atau satuan sudut baik dalam derajat maupun radian.
 Video ini menggambarkan bagaimana 1 Radian diperoleh. 1 Radian adalah ukuran sudut saat panjang busur sama dengan panjang jari-jari lingkaran.
 Di dalam video ini juga dijelaskan bagaimana 180 derajat sama dengan phi radian. Dan 360° sama dengan 2 phi radian.
 Secara keseluruhan video ini sangat menarik dan bermanfaat bagi siswa maupun guru untuk memudahkan mempelajari materi tentang trigonometri di kelas 10.


Review di atas dilakukan menggunakan teknik Speech To Text (STT) dengan menggunakan aplikasi SpeechTexter yaitu aplikasi adds on Chrome. 

Berikut ini adalah video langkah-langkah dalam membuat review menggunakan teknik STT dengan SpeechTexter. 


0 comments:

Post a Comment

 
Diary Guru © 2016 | Contact Us +6281567814148 | Order Template di Sangpengajar
Top