Danau Tolire di Ternate tepatnya berada di Kelurahan Takome, kecamatan Pulau Ternate, berjarak kurang lebih 20 km dari pusat Kota Ternate. Ada dua buah danau yang terkenal di Ternate, yaitu Danau Ngade dan Danau Tolire. Danau Ngade menyajikan pemandangan yang sangat cantik dari puncak bukit berupa view air danau, laut, dan gunung yaitu Maitara serta Tidore. Lain halnya dengan Danau Tolire yang memiliki legenda rakyat yang tidak kalah terkenal. Legenda itu menggambarkan terjadinya dua danau yang berdekatan yaitu satu danau berukuran besar dan satu danau berukuran kecil. Kali ini saya ingin mengajak pembaca menengok Tolire Kecil yang ternyata cukup unik pemandangannya.

Keunikan Tolire Kecil dapat diamati pada gambar berikut ini.



Danau yang tak cukup besar ukurannya berdampingan langsung dengan pantai, hanya dibatasi oleh hamparan pasir sekitar 8 meter lebarnya. Air danau yang berwarna hijau di sisi kanan bersanding dengan birunya laut yang berombak putih, menjadi pemandangan yang sangat indah sekaligus unik. Baru di sinilah saya menemukannya. Danau ini juga mudah dijangkau karea tepat berada di jalan utama.

Pengunjung bisa menikmati makanan khas Ternate yaitu pisang goreng mulu bebe yang dilengkapi cocolan sambal roa dan kacang goreng sambil duduk santai menikmati pemandangan dan angin pantai. Di seputar danau telah dilengkapi rumah-rumahan panggung dari bambu untuk menikmati itu semua. Pengunjung juga bisa bermain volly jika datang beramai-ramai karena ada jaring volly di hamparan pasir antara pantai dan danau. Spot foto kekinian juga disediakan untuk pengunjung yaitu berupa sepasang ayunan bertiang.



Hamparan batu di bibir laut dengan latar belakang Pulau Hiri juga dapat menjadi spot foto alami yang menarik.




Dinas terkait rupanya juga telah lebih baik dalam menata pariwisata di Kota Ternate. Adanya fasilitas musholla dan toilet yang beberapa tahun lalu sulit ditemukan, saat ini telah tersedia bagi pengunjung. 



Ternate yang telah berikrar menjadi smart city sejak tahun lalu sepertinya benar-benar membangun dirinya menjadi kota yang siap menjadi tujuan wisata yang mengesankan bagi wisatawan baik domestik maupun manca. Semoga wisata Ternate semakin baik ke depan dan memberikan kemakmuran bagi masyarakat Ternate khususnya.


0 comments:

Post a Comment

 
Diary Guru © 2016 | Contact Us +6281567814148 | Order Template di Sangpengajar
Top