Lama tak menulis lagi di blog, akhirnya keinginan update hadir juga, dan kembali pada selera asal, bertema makanan. Kali ini makanan unik di Ternate dan sekitarnya, tetapi dengar-dengar merupakan khasnya masyarakat Tidore. Ternate - Tidore memang hampir tak bisa dipisahkan. Bagi orang daerah lain, kedua nama tersebut seakan melekat di memori secara bersamaan, karena dalam pelajaran sejarah sejak sekolah dasar memang kedua kerajaan Islam tersebut selalu diceritakan tak terpisah. Jadilah orang selalu mengaitkan Ternate dengan Tidore atau sebaliknya.

Secara geografis, letak kedua pulau yang berdekatan, hanya berjarak laut + 12 km, membuat budaya dan kearifan lokal yang dimiliki masyarakatnya tidak berbeda jauh. Salah satunya kesamaan dalam hal makanan khas. Makanan yang biasa dihidangkan di Ternate bisa dijumpai pula di Tidore, begitupun sebaliknya. Demikian halnya dengan makanan yang satu ini, rica isi yang merupakan khas Tidore, bisa kita temukan pula di Ternate meski tidak sebanyak disajikan di daerah asalnya. Di Ternate, rica isi dapat ditemukan oleh pembeli di Pasar Kotabaru saja. Di pasar-pasar lain seperti Pasar Terminal, Pasar Bastiong, atau Dufa-dufa, makanan ini hampir tak pernah nampak.


Awalnya saya mengira makanan ini adalah ikan goreng tepung, tepatnya ikan julung karena ada bagian hitam yang saya kira ujung mulut ikan julung. Ternyata bagian hitam tersebut adalah gagang cabe atau rica karibo. Cabe merah besar dibelah, kemudian diisi dengan daging ikan cakalang/tongkol yang dihaluskan dan berbumbu. Selanjutnya digoreng dengan balutan tepung. Bisa dibayangkan kah rasanya? Gurih ikan berbumbu bercampur pedasnya cabe merah keriting alias rica karibo. Unik dan bikin ketagihan buat saya. Hingga, jika ada kesempatan melewati Pasar Kotabaru, saya tidak melupakan untuk mencari penjual rica isi. Membayar kerinduan lidah akan rasa gurih pedas yang juga bergizi.

Dibalik rasanya yang gurih dan kandungan gizinya, saya menangkap kearifan pembuatnya. Membelah cabe dan mengisinya dengan daging ikan yang telah dibumbui sebelumnya, tentu membutuhkan ketelatenan dan kesabaran. Hanya orang yang punya hobi memasak yang mampu melakukannya. Itulah masyarakat Tidore. Di masyarakat pesisir di Jawa, rasanya saya belum menemukan makanan sejenis ini.

Pasar Kotabaru yang terletak di kecamatan Ternate Tengah, awalnya adalah pasar tradisional yang hanya buka beberapa hari dalam sepekan. Sejak bermunculan penjual pakaian murah dari beberapa daerah luar Ternate, pasar ini semakin ramai pengunjung terutama di akhir pekan. Apalagi sejak dibangun taman pantai yang berlokasi di dekat pasar, pedagang dan pengunjung semakin banyak hingga pemerintah kota saat ini sedang memodernisasi Pasar Kotabaru. Dugaan saya, pasar ini kedepannya akan buka setiap hari seperti pasar yang lain. Jika benar, maka rica isi akan semakin mudah dibeli tiap hari.

Jangan lupa mampir Pasar Kotabaru dan cicipi rica isi nan bergizi yaa .... Sementara ini penjualnya dapat ditemui di hari Rabu atau Sabtu. Biasanya stok rica isi sudah habis sebelum pukul 9 pagi. Jika beruntung menemukan dan mencicipinya, mungkin Anda akan ketagihan seperti saya.

10 comments:

  1. Wah, hujan-hujan gini paling pas bahas makanan. Jadi pengen cicipi nih mbk😀

    ReplyDelete
  2. dah luaaama bgt mbak gak baca tulisannya lagi, bu guru.. :)

    ReplyDelete
  3. Jadi pengin nyicip. Ada nggak ya di Jawa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba telusuri pesisir Mbak ... atau coba bikin jadi kuliner baru :-)

      Delete
  4. Unik Cekgu makanannya.
    Sayang banget saya nggak bisa makan makanan yang pedes.
    Miss you Cekgu, tetap semangat nulis ya. Jangan kayak saya, sampai sekarang belum ada nulis ;(

    ReplyDelete
  5. Waaa ... nggak suka pedes yaa. Tapi rica isi ini nggak pedes juga kok mbak Nia. Kan bijinya dibuang diganti ikan. x-)

    ReplyDelete
  6. Makasih sudah memposting masakan2 Maluku Utara sbg org asli Ternate saya salut pd ibu😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah mampir ... tak bisikin ya ... saya suka makan 😁😁

      Delete

 
Diary Guru © 2016 | Contact Us +6281567814148 | Order Template di Sangpengajar
Top