Beberapa tahun terakhir banyak inspirasi tentang bertanam di lahan yag terbatas, dibagikan di berbagai media. Bagi mereka yang mempunyai hobi bertanam, keterbatasan lahan memang sangat disayangkan. Berbagai inspirasi tersebut, dapat membantu memberikan solusi bagi mereka untuk menyalurkan hobinya.
Salah satunya saya. Hobi menanam dan keinginan untuk bisa menikmati tanaman segar di dalam rumah mendorong saya mencari berbagai alternatif. Salah satu yang saya temukan saat itu adalah menaman dengan menggunakan pipa paralon sebagai media tanam. Tentunya pipa harus dibelah atau dilubangi sebagai tempat tanaman tumbuh. Jika peralatan kita terbatas, tentu akan kesulitan untuk membelah atau melubangi pipa paralon yang tentu saja tidak mudah.

Maka kemudian saya mencari bahan yang seide namun lebih praktis dan mudah penyiapannya. Dan saya menemukan talang instan yang juga berbahan sama dengan pipa paralon. Tentu kita tidak perlu membelah talang ini. Tinggal mengisinya dengan tanah langsung atau menempatkan pot-pot yang ukurannya disesuaikan dengan ukuran lebar talang.



Selain praktis karena tidak perlu melubangi atau membelahnya, talang instan ini juga mudah dipasangkan atau dicantolkan pada tembok atau kayu karena ada pengait khusus yang dilengkapi dengan paku atau mur. Kita hanya perlu mencarinya di toko bangunan dan segera bisa dipasang.
Dan jika lahan memang terbatas, kita bisa memanfaatkan kaca jendela yang memberikan cahaya matahari yang cukup sebagai tempat bertanam dengan talang ini. Pemilihan kaca jendela sebagai tempat bertanam ini juga dapat menambah kesegaran pada ruangan. Perlu diperhatikan adalah pemilihan tanaman yang tepat agar tidak mengganggu fungsi kaca jendela nantinya. Tanaman yang rendah dengan bunga yang banyak bisa menjadi pilihan untuk mempercantik kaca jendela dan memberi kesan kesegaran ruangan.






Begitulah salah satu solusi keterbatasan lahan bagi Anda yang hobi menanam. Cukup mudah dan praktis. Semoga bisa menjadi alternatif solusi atau inspirasi bagi Anda.

0 comments:

Post a Comment

 
Diary Guru © 2016 | Contact Us +6281567814148 | Order Template di Sangpengajar
Top