Ikan asin merupakan salah satu jenis lauk yang dapat dipilih sebagai alternatif penggugah selera makan saat seseorang merasa bosan dengan menu harian yang kadang terasa itu-itu lagi. Rasanya memang asin, sehingga tentu tidak baik jika dikonsumsi terlalu berlebihan atau terlalu sering terutama bagi orang yang beresiko terhadap hipertensi/tekanan darah tinggi. Namun jika dikonsumsi sekali waktu saja dan dalam jumlah yang tidak berlebihan, tentu tidak menjadi masalah.
Saat selera makan menurun, bisa jadi disebabkan kelelahan dalam beraktivitas, atau rasa bosan pada menu harian yang biasa dikonsumsi, kadang kita mencoba mencari-cari jenis makanan lain yang bisa membangkitkan kembali selera makan. Berikut ini adalah resep ikan asin yang pantas dicoba untuk memberi sensasi lain dalam menu makanan harian kita.

Resep pertama, biasanya ditemui di warung makan milik orang Manado. Saya menyebutknya ikan asin siram santan. Ikan asin yang cocok dimasak dengan resep ini adalah ikan asin yang berdaging tebal, seperti jambal roti misalnya.
Bahan ikan asin siram santan:
Ikan asin
Bawang merah dan putih
Cabe merah besar atau ditambah rawit jika suka pedas
Daun bawang dua batang / sesuai selera
Kunyit seruas jari
Kemiri 2 butir
Santan kental sekitar 50 ml.
Cara memasak:
Ikan asin dicuci, ditiriskan, lalu digoreng kering.
Haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit, dan kemiri.
Cabe merah dan daun bawang diiris setengah cm.
Tumis bumbu halus, masukkan sedikit air dan santan kental. Beri sedikit gula dan penyedap jika suka. Garam ditambahkan jika ikan asinnya masih tawar, jika sudah asin tidak perlu lagi memakai garam.
Setelah mendidih dan rasa cukup, masukkan irisan cabe dan daun bawang serta ikan asin, aduk sebentar dan matikan api.



Resep kedua, saya menyebutnya ikan asin tumbuk asam pedas. Resep yang sangat sederhana, tapi manjur untuk menggugah selera. Rasanya gurih asin bercampur pedas dan asam yang membuat segar.


Bahan ikan asin tumbuk asam pedas:
Ikan asin daging tebal, dicuci dan digoreng matang.
Bawang merah diiris sedikit tebal.
Cabe merah dan rawit diiris sedang (setengah cm)
Satu sendok minyak goreng dipanaskan.
Satu sendok perasan lemon/ sesuai selera.
Cara membuat:
Ikan asin yang sudah digoreng, ditumbuk kasar kemudian taruh irisan bawang merah dan cabe di atasnya. Siramkan minyak panas-panas kemudian tumbuk kasar lagi hingga bawang merah dan cabe keluar aromanya. Terakhir masukkan air lemon dan aduk rata.
Biasanya saat selera makan  menurun dan kita memilih ikan asin, kita akan menambah nasi saat ikannya masih ada, dan menambah ikan saat nasinya masih tersisa.
Selamat mencoba!!

0 comments:

Post a Comment

 
Diary Guru © 2016 | Contact Us +6281567814148 | Order Template di Sangpengajar
Top