Kali ini saya ingin berbagi sebuah ketrampilan yaitu membuat bunga mawar dengan kertas krep. Ada banyak sekali kertas krep warna-warni yang menarik dan akan menjadi indah kalau kita rangkai menjadi kuntum-kuntum bunga. Untuk membuat bunga krep ini bahannya cukup sederhana dan mudah diperoleh.
Biasanya bagi Anda yang mempunyai anak usia sekolah dasar, seringkali memperoleh tugas membuat kerajinan tangan. Nah, ini juga yang saya alami dengan anak saya, dan jadilah bunga mawar kertas ini. Tetapi tidak hanya sebagai alteratif tugas ketrampilan atau seni budaya, jika kita rangkai dengan baik juga dapat menjadi bunga tangan sebagai hadiah wisuda atau hadiah untuk seseorang yang spesial, contohnya hadiah untuk guru di saat hari guru. Bunga buatan sendiri, meski tidak mahal, tetapi memberikan kesan pemberian yang spesial.



Langsung saja ya…biar enggak lama-lama.
Bahan yang diperlukan:

  1. Kertas krep warna-warni untuk bunga, siapkan bentuk memanjang, dengan lebar sekitar 4 cm.
  2. Kertas krep warna hijau untuk daun, bisa juga kelopak dan batang.
  3. Batang lidi atau kawat.
  4. Solasi batang yang dapat dibeli instan (dapat diganti krep hijau).
  5. Putik bunga siap pakai.
  6. Kelopak bunga siap pakai (dapat diganti krep hijau).
  7. Lem, bisa merk apa saja yang penting kuat merekatkan kertas dengan baik. Lebih baik lagi dapat merekat ke batangnya.
Alat yang diperlukan cukup gunting saja.
Selanjutnya langkah pembuatannya:
  1. Pasang putik bunga pada salah satu ujung lidi. Untuk lebih aman, masukkan kelopak sebelum putik bunga, mencegah jangan sampai ujung lidi yang lain terlalu besar sehingga kelopak tidak dapat masuk setelah bunga siap.
  2. Ambil kertas krep yang sudah disiapkan memanjang, biasanya satu bunga memerlukan panjang sekitar 50 cm.
  3. Lilitkan kertas krep pada putik, dengan bantuan lem agar tidak terlepas. Cara melilitnya, tekuk kearah luar, kemudian diputar. Setiap kali tekukan, lakukan satu putaran, begitu seterusnya hingga membentuk helai bunga dari atas ke bawah.
  4. Lem bisa ditambahkan kapan saja untuk merekatkan kertas. Terutama di awal dan akhir lilitan.
  5. Setelah lilitan cukup, tarik kelopak bunga dari bawah dan pasangkan di bagian bawah bunga. Jika menggunakan kertas krep, potong kertas bergerigi kemudian lilitkan dengan lem di bagian bawah bunga.
  6. Setelah kelopak terpasang, rapikan dengan solasi batang dan sekaligus melilit batang dengan solasi. Selagi melilit batang, dapat ditambahkan daun baik dari kertas krep atau daun instan yang tersedia di toko.
  7. Setelah semua bagian batang terilit, maka jadilah satu kuntum mawar krep.
  8. Ulangi untuk mendapatkan kuntum yang lain, dan rangkaikan pada pot. Untuk mempermanis tampilan, pada pot dipasang gabus untuk menancapkan batang-batang mawar, kemudian bagian gabus yang terbuka dapat ditutup dengan rumput-rumputan yang sudah tersedia di toko.

Sebagai variasi bunga mawar, selain warna juga dapat dibuat mawar yang belum mekar sempurna. Caraya dengan membuat mawar tanpa putik. Kertas krep langsung dililitkan tanpa memasang putik pada batang. Lilitkan kertas krep sehingga batang berada di bawah kertas agar tidak tampak.
Sederhana sekali bukan, membuat mawar dengan kertas krep. Bahannya tidak terlalu ribet untuk dicari. Untuk cara melilit, mungkin setiap orang tidak dapat sekali coba langsung jadi. Perlu beberapa kali latihan, juga hadirkan perasaan untuk membuat bentuk mawar yang lebih natural.
Agar lebih mudah, Anda dapat memperhatikan video tutorial berikut ini.




Semoga bermanfaat.

2 comments:

 
Diary Guru © 2016 | Contact Us +6281567814148 | Order Template di Sangpengajar
Top